Jumat, 25 Mei 2012

PENGGOLONGAN TUMBUHAN

a. Penggolongan tumbuhan berdasarkan bunganya
          
          Berdasarkan ada tidaknya bunga, tumbuhan dapat dikelompokan menjadi dua golongan, yaitu tumbuhan berbunga dan tumbuhan tidak berbunga.
          Tumbuhan berbunga pada umumnya memiliki bagian-bagian tertentu, seperti akar, batang, daun, bungah, buah, dan biji.
          Tumbuhan tidak berbunga memiliki bagian-bagian yang berbeda degn tumbuhan berbunga. Tumbuhan tidak berbunga tidak memiliki bunga, buah, dan biji. Tumbuhan tidak berbunga berkembang biak dengan spora yang terfletak dibalik daunnya.


b. Penggolongan tumbuhan berdasarkan bijinya

          Tumbuhan dapat dikelompokan menjadi duua golongan berdasarkan keping bijinya, yaitu tumbuhan biji berkeping dua ( dikotil ) dan tumbuhan biji berkeping satu ( monokotiln ).
        

c. Penggolongan tumbuhan berdasarkan akarnya

         Berdasarkan akarnya tumbuhan dapat dikelompokan menjadi dua, yaitu tumbuhan berakar serabut, dan tumbuhan berakar tunggang. Tumbuhan berakar serabut pada umumnya dimiliki oleh tumbuhan berkeping satu ( monokotil ), sedangkan tumbuhan yang berakar tunggang pada umumnya dimiliki oleh tumbuhan berkeping dua (dikotil).


d. Penggolongan tumbuhan berdasarkan batangnya

          Berdasarkan batangnya ada tiga jenis tumbuhan, yaitu tumbuhan batang basah, tumbuhan batang berkayu dan tumbuhan batang runmput.
Tumbuhan batang basah dimilikimoleh tumbuhan yang memiliki batang lunak dan berair, misalnya bayam.
Tumbuhan batang berkayu adalah tumbuhan yang mempunyai kambium (umumnya dimiliki oleh tuimbuhan dikotil).
Tumbuhan batang rumput mempunyai ruas-ruas yang nyata dan sering kali berongga (umumnya dimiliki oleh tombuhan monokotil), misalnya padi dan rumput-rumputan.


e. Penggolongan tumbuhan berdasarkan daunya

          Berdasarkan susunan tulang daunnya tumbuhan di golongkan menjadi 4 bagian yaitu tumbuhan bertulang daun sejajar, tumbuhan bertulang daun menyirip, tumbuhan bertulang daun menjari, dan tumbuhan bertulang daun melengkung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar